CARA MEMBERI MAKAN PAKAN JENTIK NYAMUK/CUK PADA CUPANG

Senin, 11 Mei 2015

Aneka-Peliharaanhias---Menurut sebagian Hobbis dan orang yang sudah berpengalaman memelihara cupang, jentik nyamuk atau cuk adalah makanan pokok atau menu utama yang harus disajikan pada cupang. Pakan ini mengandung banyak protein yang baik untuk pertumbuhan ikan cupang. Pertumbuhan yang pesat akan terjadi pada cupang jika secara rutin diberikan pakan jentik nyamuk ini. Pada musim kemarau, jentik nyamuk banyak diketemukan di air yang menggenang. Jika ingin menghemat biaya pakan ikan cupang, maka jentik nyamuk adalah salah satu solusinya. Jentik nyamuk adalah pakan ikan cupang yang paling murah meriah, mudah didapatkan. Kebanyakan para hobbis dan peternak ikan cupang hias mendapatkannya dengan mencari di got atau parit.

Menurut pengalaman penulis, Menyediakan jentik nyamuk untuk cupang jangan terlalu berlebihan karena jentik nyamuk yang tidak termakan, baik didalam gelas aquarium maupun diwadah penampungan, akan berubah menjadi nyamuk. Usahakan menyediakan jentik secukupnya sesuai jumlah cupang yang kita miliki. Dan juga yang pelu diperhatikan berikan cupang hanya jentik yang berupa larva (panjang berdiri terbalik di permukaan air), hindari memberikan jentik sudah menjadi kepompong (bengkok bulat kepala hitam). Jentik yang sudah berubah menjadi kepompong tidak baik untuk cupang, karena teksturnya sudah keras, ini bisa mengakibatkan cupang bermasalah dengan perutnya, perut cupang menjadi buncit dan mengakibatkan kematian bagi cupang kesayangan kita.


Tips untuk memilih jentik nyamuk. Jentik nyamuk yg diambil dari alam biasanya masih kotor dan bercampur dgn larva hewan lain. cara yang efektif untuk memisahkannya masukkan jentik nyamuk ke air es, secara otomatis mereka akan teler/pingsan, jentik nyamuk akan mengendap ke dasar sedangkan Non-jentik nyamuk akan mengambang. Bersihkan kotoran dipermukaan air dengan cara dibuang air bagian atas perlahan-lahan. Lalu jentik nyamuk diambil dengan menggunakan saringan halus, lalu dimasukan ke dalam air yg telah ditetesi PK (Mentilen Blue), dosis 1/2 tetes tuk ember ukuran 15 liter, ini selain berfungsi untuk menyeterilkan jentik-cuk, juga untuk "membangunkan" segera si jentik nyamuk, diamkan beberapa menit, setelah itu dicuci dgn air bersih dan siap disajikan pada Cupang.

Demikianlah cara memberi makan jentik nyamuk pada cupang, semoga bermanfaat. terimakasih.



10.05

0 komentar:

Posting Komentar