Home » , » CARA MENGGUNAKAN HEATER PENGHANGAT AQUARIUM

CARA MENGGUNAKAN HEATER PENGHANGAT AQUARIUM

Ikan dan Tanaman dalam Suatu Aquarium memerlukan suhu yang sesuai. Air yang sesuai untuk aquarium untuk menghindari beberapa akibat dari tidak sesuainya kondisi suhu air dalam aqurium tersebut. Sebut saja timbulnya berbagai penyakit seperti white Spoot atau penyakit mata pada Ikan yang disebabkan bakteri yang tumbuh subur dalam kondisi air tertentu (dingin). Karena itu untuk menghindari kondisi air yang terlalu dingin dan tidak sesuai dengan ikan maka perlu dilakukan pemanasan dengan menggunakan heater yang mampu menghangatkan dan memanaskan air dalam suhu air Aquarium yang optimal untuk ikan. 

Ada beragam jenis dan ukuran heater yang harus disesuainya dengan ukuran aquarium dan jumlah volume air yang ada dalam aquarium tersebut. Berikut ukuran yang biasa direkomendasikan untuk Heater dan Aquarium adalah :

Ukuran  25 Watt = < 25 Liter / 6.5 Galon 
Ukuran  50 Watt = < 50 Liter / 13 Galon
Ukuran  75 Watt = < 75 Liter / 20 Galon
Ukuran 100 Watt = < 100 Liter / 25 Gal
Ukuran 150 Watt = < 150 Liter / 40 Galon
Ukuran 200 Watt = < 200 Liter / 50 Galon
Ukuran 300 Watt = < 300 Liter / 75 Galon.

Indikator Pemasangan Heater Aquarium
Menurut pengalaman Penulis untuk langkah awal dalam menggunakan Heater ini yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara Instalasinya (Instrallation Of Heater). Cek benar-benar kondisi awal heater yang baru dibeli biasanya ada peringatan instalasi pada manual book ada petunjuk berupa :
"Check Glass or Cable has not been damaged in transit before installing heater".  yang artinya kurang lebih begini: silakan kita cek kondisi gelas kaca dan kabel dari heater tersebut agar tidak ada kerusakan dan kebocoran.

Atur Adjuster dengan memperhatikan temperatur scale (temperatur sekala) sesuai dengan kebutuhan dan ukuran dari air dalam aquarium.

Setelah heater diatur, masukan heater ke dalam aquarium, Ada hal penting dan sangat vital yang harus diperhatikan adalah memasang heater dalam air aquarium harap dilihat tanda Waterlight cap, biasanya ada pada bagian atas antara batas kaca dan plastik indikator kabel dan temperatur. Ini sangat penting dilakukan untuk menjaga keawetan heater dan memaksimalkan pemanasan aqurium kita.

Letakan heater pada posisi yang tepat yaitu di area yang dapat membagi sumber air hangat kesekitar Aqurium, juga perlu diperhatikan peletakan Heater tidak menghalangi pandangan mata pada isi dan keindahan Aquarium. Letakan heater dipojok belakang disekitar arus Aerator yang mengalir.  Tujuannya agar suhu air hangat dapat terdisitribusi keseluruh penjuru Aquarium, oleh arus dari aerator yang mengalirkan air dan gelembung udaranya.

Demikian cara menggunakan heater atau penghangat aquarium agar ikan terawat, pertumbuhan ikan kita lebih baik dan maksimal, Semoga bermanfaat. Terimakasih.

7 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel