CARA MEMILIH INDUKAN CUPANG UNGGUL BERKUALITAS KONTES

Jumat, 03 Juni 2016

Selamat malam para pencinta Betta Cupang mania, kembali admin akan mencoba mengulas sedikit tentang salah satu ikan hias yang menjadi pavorit banyak hobbis yaitu ikan Betta atau yang lebih dikenal dengan ikan cupang. Kali ini  kita akan melihat sedikit bagaimana cara memilih calon indukan ikan cupang yang bagus dan unggul berkualitas kontes sehingga memiliki performa yang kita harapkan. Sebenarnya tentang memilih indukan ikan cupang hias ini sudah banyak dibahas para hobbies dan penulis lain, masing-masing memiliki sudut pandang yang berbeda-beda tentang indukan ikan cupang yang bagus, unggung dan berkualitas ini. Hal ini karena berbagai indikator dan kategori yang berbeda-beda dari jenis cupang hias yang akan kita kawinkan dan dibiakan. Berikut ini akan kita bahas tentang memilih jenis indukan cupang hias secara umum yang meliputi keunggulan dari segi bentuk warna dan style umum dari bentuk tubuh cupang yang bersangkutan.

Untuk pembiakannya/mengawinkan ikan cupang, pastikan ikan yang ekornya lebar serta seritnya tidak tipis, bentuk ekor 180 derajat, tubuh besar serta ekor memanjang.

Pastikan ikan yang punya kebiasaan bermain di tengan atau basic air (bukanlah di permukaan air).

Gabungan warna cupang yang baik yaitu yang di ekor dengan sirip sempurna, tak berantakan.

Untuk tempat pemijahan, cupang tak perlu tempat luas. Cukup akuarium kecil, baskom, toples, atau ember plastik. Saat sebelum digunakan pemijahan, akuarium di rendam dengan larutan PK encer saat sebelum pada akhirnya dibasuh dengan air bersih, untuk menghindar jamur serta penyakit. dinding digosok serta dibasuh air. Air baiknya diendapkan serta didiamkan 3 hari saat sebelum digunakan.

Suhu yang diperlukan 21-31 derajat Celcius, atau standartnya 25 derajat Celcius. Dalam akuarium di taruh tanaman yang sudah dibikin bersih. Dapat berbentuk enceng gondok.

Sesudah tempat pemijahan usai, input terlebih dulu cupang jantan, tunggulah hingga cupang jantan bikin sarang-sarang busa, bila busa telah terlihat di permukaan air, masukan betina yang telah masak kelamin. Selang 3-4 hari perkawinan usai, serta betina membuahkan 200-400 telur yang telah dibuahi pejantan.

Angkat betina bila telah usai bertelur, biarlah jantan di permijahan. betina dipisah supaya tak mengonsumsi telurnya sendiri,tinggalah jantan sendirian, lantaran sangatlah menolong sistem penetasan, upayakan si jantan di beri makanan yang cukup supaya tak mengonsumsi telurnya, Serta demikian menetas, pisahkan pejantan

Pada umur 2-3 hari, benih tak perlu di beri makan lantaran dalam badannya masih tetap ada kuning telur. Barulah pada hari ke-4, di beri makan infusaria atau sejenis plankton yang dapat dibeli di toko ikan hias. Pada hari ke-8, burayak dapat di beri makan kutu air. Mengijak umur 1 bln., anakan cupang mesti dipisahkan sendiri-sendiri dalam botol (dapat botol aqua) untuk pembesaran.

Demikanlah cara  memilih Indukan Ikan Cupang Unggulan, semoga bermanfaat bagi sahabat pencinta ikan dan Cupang mania.



23.36

0 komentar:

Posting Komentar