CARA MENGATASI SISIK ARWANA YANG LEPAS DAN KOYAK

Rabu, 04 Januari 2017

Aneka-Peliharaanhias----Banyak para hobbis dan pencinta ikan Hias Arwana yang bertanya-tanya tentang masalah terlepasnya sisik Ikan Arwana, di beberapa forum tanya jawab tentang ikan hias banyak yang menanyakan apakan sisik ikan arwana yang telepas akan membekas dan tidak dapat tumbuh kembali atau bisa tumbuh digantikan dengan sisik yang baru? Nah berikut ini penulis akan mencoba  memberikan sedikit pengalaman penulis tentang lepas atau koyaknya sisik arwana tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Saya pernah mengalami salah satu ikan Arwana yang baru tiga bulan dipelihara entah kenapa tiba terihat mengamuk dalam aquarium, air aquarium sampai tumpah keluar dan tubuh arwana sempat terbentur dinding dan mesin filter, dan saat itu juga penulis melihat jatuh dua buah sisik kedasar aquarium dari dibagian samping dan bagian atas tubuh ikan Arwana ini, waktu itu penulis sempat panik dan sangat sedih rasanya, karena ikan yang sudah dipelihara dengan hati-hati hingga sudah memperlihatkan keindahannya harus mengalami kerusakan seperti ini. Penulis mencoba mencari beberapa sumber informasi- dan setelah googling dibeberapa situs ikan hias barulah penulis tahu tentang sisik Arwana yang terlepas ini.

Lepasnya sisik arwana ini dapat disebabkan dua faktor : yang pertama karena kecelakaan, misalnya arwana tersebut terbentur diding aquarium, ke dua karena penyakit.



Berikut langkah-langkah dan cara mengatasi sisik Arwana yang lepas ini :

caranya mudah ambil sisik arwana yang lepas dari tubuh ikan yang berada didasar aquarium, kemudian tangkap ikan dengan cara dibius, pasang sisik dengan menggunakan lem alteko/korea, pada tubuh ikan tersebut !! ..;P..T_T ..hahaha..mf bercanda !!! ;D😂😆👋

Bukan itu.....ini yang....serius... begini cara yang benar..;

Sebenarnya sisik ikan arwana yang telepas nanti akan sembuh alias tumbuh dengan sendirinya, ini belangsung sekitar 2 - 3 bulan tergantung ukuran ikan dan perawatan yang kita lakukan. Menurut pengalaman penulis Arwana yang mengalami sisik lepas, nantinya berangsur-angsur akan tumbuh sisik baru menggantikan sisik yang terlepas tersebut. 

Untuk lepasnya sisik Arwana karena penyakit  ikan arwana juga dapat disebabkan oleh penyakit yaitu borok. Ciri-cirinya adalah munculnya bintik-bintik merah di perut ikan, sisik terlepas mulai dari pangkal ekor, dan sebagian besar kulitnya berwarna kemerah-merahan.

Ikan arwana yang terkena penyakit ini biasanya juga menunjukkan kehilangan nafsu makan dan stres berkepanjangan. Pengobatan penyakit yang masih dalam stadium pertama bisa dilakukan menggunakan Tetracicline, Furazan Gold, atau Gold 100 yang berbentuk bubuk. Dosis pemberiannya dimulai dari 0,5 gram/10 liter air dan dikurangi seiring dengan proses penyembuhan. Bila perlu, tambahkan pula garam ikan sebanyak 10-25 sendok makan tergantung ukuran akuarium. Terapi ini dilakukan minimal selama 5 hari berturut-turut dengan mengganti air setiap 24 jam.


Selama proses pengobatan berlangsung, Sangat perlu untuk memberikan pakan yang bergizi kepada ikan tersebut. Di antaranya seperti jangkrik, belalang, dan katak. Hindari memberikan pakan berupa daging ikan untuk sementara waktu. Dikhawatirkan pakan berupa ikan tersebut mengandung bakteri Lernea cyprinacea atau Argullus indicus yang justru dapat memperburuk kondisi kesehatan ikan arwana kesayangan Anda.

Dan yang paling penting juga, harus diperhatikan kondisi kebersihan Aquarium dan kualitas airnya agar ikan selalu terjaga kesehatannya.

Demikian cara mengatasi sisik ikan arwana kesayangan yang lepas atau terkoyak, semoga bermanfaat. terimakasih.


Video YouTube Ikan Arwana Lepas sisiknya :






22.31

0 komentar:

Posting Komentar