Home » , » CARA MERAWAT ANJING PUDEL YANG BAIK DAN BENAR

CARA MERAWAT ANJING PUDEL YANG BAIK DAN BENAR

Anekapeliharaanhias---Peliharaan hias kali ini yang akan kita bahasa adalah Anjing Pudel, Anjing pudel atau poodle adalah anjing dari kelompok non-sporting atau utility yang di yakini berasal dari Prancis. Anjing poodle/pudel memiliki penampilan yang unik, berbeda dengan anjing seperti biasanya. Pudel merupakan anjing yang cerdas, menyenangkan, dan setia. Sifat-sifat ini berlaku untuk semua tiga ukuran pudel, Standard, Miniatur dan Toy. Terdapat beberapa jenis pudel, yaitu pudel Standar, Miniatur dan Mainan (Toy). Beberapa anjing pudel yang terkenal adalah Georgette dari Oliver & Company, Cleo dari Clifford the Big Red Dog, Barbara Ann dari Good Boy!, Fifi dari "Open Season 2" dan "Open Season 3" dan lainnya. Cara memelihara anjing pudel ternyata tidak mudah, diperlukan perawatan yang penuh kesabaran dan ketelatenan, terutama dalam masalah "groming" bulu anjing pudel ini.

Anjing Pudel
Anjing pudel adalah anjing yag berbulu keriting. Anjing pudel mempunyai berbagai macam warna, seperti putih, coklat, dan hitam. Anjing pudel biasa di pangkas rambutnya dan disisakan pada bagian kakinya, atas kepalanya, Dekat lehernya dan juga pada bagian pinggangnya. Anjing pudel betina mempunyai ekor yang pendek, sedangkan anjing pudel yang jantan mempunyai ekor yang panjang.

Anjing pudel sangat dikenal diseluruh dunia dikarenakan keunikan dan kepandaiannya. Walupun disebutkan berasal dari Perancis, namun anjing pudel juga dipercaya berasal dari Jerman atau Rusia. Anjing Pudel Standar (ukuran paling besar) dilatih agar bisa berenang serta mengambang di permukaan air hingga anjiing ini di peruntukan untuk water retriever atau mengejar hewan buruan dalam air. Tapi di Rusia anjing pudel standar justru dipakai sebagai penarik kereta susu.

Saat anjing pudel standar dibawa ke Prancis, saat itulah mulai dibiakaan ukuran yang lebih kecil yang disebut anjing pudel miniatur atau Mini Poodle dan anjing pudel toy atau Toy Pudel. Perkembangan anjing pudel toy amat pesat, Orang Eropa lebih menyukai toy pudel di sebabkan sifatnya yang baik dan bentuknya yang lucu, imut dan cantik. Bulu anjing pudel bisa dibentuk sesuai keinginan sang pemilik. Anjing pudel amat mudah dilatih hingga sering dipakai dalam pertunjukan sirkus di Eropa.

Anjing pudel mempunyai bentuk kepala bulat dengan moncong panjang, telinga menggantung ke bawah, ekor tegak lurus menghadap ke atas. Ada beragam bulu yang dipunyai oleh anjing pudel yaitu hitam, putih, coklat, abu-abu dan biru. Anjing pudel mempunyai sifat setia dan gemar bermain, Anjing pudel standar memiliki sifat yang lebih berani dibanding tipe anjing pudel lain yang agak pemalu.

Merawat Anjing Pudel

 
Perlunya Perawatan Bulu Anjing Pudel


Anjing pudel memiliki ke istimewaan tersendiri di bandingkan dengan anjing trah lain, yaitu anjing pudel tidak mengalami masa pergantian bulu seperti anjing ras lainnya. Bulu anjing pudel tumbuh di semua bagian tubuh hingga di dalam lubang telinga sekalipun. Diperlukan perawatan khusus terhadap bulu anjing pudel agar bisa tampil cantik, sehat dan terawat. Seperti perawatan berikut ini;
  • Bulu anjing pudel mesti disisir setiap hari, jika tidak maka akan menggumpal sebab bulunya tumbuh dengan cepat dan berguna untuk mengangkat bulu yang kurang sehat.
  • Bulu pudel yang tumbuh didalam lubang telinga hendaknya dicabut agar memudahkan pembersihan telinga.
  • Bulu di moncong, ujung kaki, leher bagian bawah, pangkal ekor mesti dicukur setiap 3 hingga 6 minggu sekali.
  • Anjing pudel dimandikan minimal satu minggu sekali.
  • Anjing pudel sebaiknya di pelihara di dalam rumah sebab bila dipelihara di luar rumah akan cepat kotor.
Cara memandikan dan merawat tubuh Anjing Pudel

Memandikan anjing pudel pada dasarnya hampir sama dengan cara memandikan anjing jenis lainnya, dengan catatan perlu diperhatikan dengan teliti masalah pembersihan bulu di bagian tertentu seperti berikut ini :

1. Kegiatan mandi terlebih dahulu diawali dengan pemotongan kuku, klik disini untuk proses potong kuku.

2. Gunting bulu yang ada di telapak kaki anjing. Bulu dibagian ini tumbuh pada anjing yang berbulu panjang, pada anjing berbulu pendek tidak tumbuh. Telapak kaki menjadi licin ketika bulu sudah menutupi seluruh telapak kaki. Pemotongan bulu telapak kaki harus dilakukan secara rutin pada saat anjing dimandikan.

3. Sama seperti bulu telapak kaki, bagian sekitar dubur anjing berbulu panjang juga harus dipotong bulunya agar kotoran tidak tersangkut dibulu apalagi pada saat anjing menderita diare. Kotoran yang tersangkut dibulu menyebabkan bau yang kurang sedap.

4. Pemotongan hanya disekitar dubur saja sehingga terlihat rapih dan higienis.

5. Sisir bulu anjing terlebih dahulu agar tidak ada bulu yang masih kusut pada saat dibasuh dengan air.
 
Setelah kegiatan penyisiran, sisir bagian yang harus dibersihkan adalah bagian telinga. Gunakan kapas dan alkohol 70% atau cairan khusus pembersih telinga yang banyak tersedia di pet shop.

1. Sediakan selembar kapas kosmetik dan jepit dengan menggunakan pinset.

2 & 3. Setelah itu gulung pinset dengan kapas. Besarnya gulungan disesuaikan dengan lubang telinga anjing. Lebihkan kapas diujung pinset agar ujung pinset tidak melukai telinga anjing.

4. Basahkan kapas dengan alkohol 70%. Jangan terlalu basah agar alkohol tidak masuk ke dalam gendang telinga. Untuk memastikan sebaiknya kapas diperas terlebih dahulu agar sisa alkohol bisa terbuang.

5. Bersihkan telinga dengan cara memutar pinset pada bagian yang kotor.
 
6. Agar lubang telinga terhindar dari masuknya air pada waktu memandikan anjing pudel maka kita perlu menyumbat lubang telinganya dengan menggunakan kapas.
  • Ambil kapas secukupnya dan buat seperti bola dengan ukuran sedikit lebih besar dari lubang telinga.
  • Masukan dengan menggunakan jari.
  • Gunakan pinset untuk memposisikan kapas lebih dalam dan pastikan kapas tidak terlepas pada saat anjing bergerak.
  • Posisi kapas tetap harus terlihat.

7. Jangan gunakan sprayer karena tekanan air yang keluar dari sprayer sangat tinggi sehingga dapat menyakiti anjing pada saat terkena bagian tubuh yang sensitif seperti hidung atau mata. 

8. Walaupun telinga sudah tertutup kapas, tekanan air dari sprayer juga masih bisa menembus.
 
9. Gunakan selang saja dan atur tekanan air. Mulai basahkan bagian badan agar anjing tidak kaget.
 
10. Lalu arahkan selang kebagian kepala. Pelankan aliran air pada saat membasuh bagian kepala.

11. Setelah seluruh badan basah, tuangkan shampo diseluruh bagian tubuh anjing hingga rata. Gunakan shampo yang memiliki formula tearless agar tidak perih dimata. Jika anda kesulitan mencari shampo tearless, anda dapat menggunakan shampo bayi untuk bagian kepala sedangkan bagian tubuh tetap menggunakan shampo yang diformulasikan untuk kulit anjing. 

12.Gosok seluruh bagian hingga shampo merata dan berbusa. Gunakan sikat halus agar kotoran mudah dibersihkan. Sikat halus dapat menggunakan sikat semir sepatu. Penggosokan harus searah yaitu dari kepala ke arah ekor. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dubur dengan sikat halus karena bagian ini biasanya terdapat kotoran tinja kering.

13. Setelah selesai, bilas dengan air bersih. Sebaiknya proses pembersihan dengan shampo dilakukan dua kali agar bulu dan kulit benar-benar terbebas dari kotoran. Pastikan tidak ada shampo yang tertinggal karena dapat membuat kulit dan bulu rusak.
 
14. Bilas mulai dari kepala dan dilanjutkan bagian bawah terutama sekitar dada dan perut.
Keringkan anjing dengan menggunakan kain yang memiliki daya serap yang tinggi.

15. Keringkan anjing dengan menggunakan blower khusus untuk anjing. Jangan menggunakan hair dryer yang biasa digunakan oleh manusia karena udara panas yang dikeluarkan oleh hair dryer dapat membakar kulit dan bulu anjing. Jika anda tidak memiliki blower khusus anda dapat mengeringkan dengan cara alami yaitu dengan dijemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari dan terdapat aliran udara.

16. Pada saat mengeringkan dengan blower, perhatikan apakah terdapat penyakit kulit atau kutu.

17. Setelah bulu anjing benar-benar kering, sisir dengan menggunakan sisir yang khusus untuk bulu anjing. Konsultasikan dengan pet shop langganan anda jenis sisir yang cocok untuk jenis bulu anjing anda.
 
Sekian, demikian cara merawat anjing pudel yang baik dan benar, semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber :
http://www.hewankesayangan.com/anjing/mengenal-anjing-pudel
https://binatang.web.id/tips-merawat-anjing-pudel/
http://dunia-hewan.net/tips-mudah-memelihara-dan-merawat-anjing-poodle.html
http://anjingkita.com/artikel/3710/proses-memandikan-anjing
Sumber Gambar:https://pixabay.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel